Tingkatkan Kreatifitas dan Kemampuan Mengajar Guru PAUD

Disdikbud

Bimtek

         Gambar atau ilustrasi  memandu anak-anak memahami teks cerita dengan lebih baik. Teks cerita  yang  mudah ‭ ‬dipahami  dan  ilustrasi yang ‭ ‬mengandung  nilai  estetis  tertentu  dapat menarik perhatian dan minat anak-anak untuk membaca. Anak-anak, seiring perkembangan usia mulai sensitif dan memberi perhatian pada bentuk, pola dan warna. Bu‭ku  cerita bergambar  juga mendapat  perhatian  dari anak-anak  karena  teks cerita ‬yang disampaikan. Anak usia dini memiliki  perilaku ‭ ‬egosentris .

          Mereka lebih tertarik dengan diri mereka sendiri, kebutuhan, kepentingan dan keperluan yang berkaitan diri sendiri. Kecenderungan tersebut terbentuk karena pengalaman primer dan mula mereka yang sangat bergantung pada orang tua, rumah dan keluarga masing-masing. Buku yang bisa  membantu mereka menjelajahi  dunia personal mereka  yang unik, menjadi buku yang tepat untuk mereka baca. 

         Seiring berkembangnya ‭ ‬usia dan kemampuan kognitif, sosial dan ‭ ‬moral anak-anak, mereka ‭ ‬mulai  memperluas dunia  di luar  diri ‭ ‬sendiri,  keluarga,  dan rumah.  Mereka mulai melihat  teman-teman,  sekolah, dan  lingkungan  sekitar sebagai  bagian  integral dari  relasi timbal  balik  dan  kehidupan  mereka.  Mereka  mulai  mengembangkan ‭ ‬ketertarikan  mereka melampaui hal-hal yang sudah diketahuinya dan menunjukkan perhatiannya pada anak-anak dan orang dewasa di luar lingkungan mereka.

         Buku cerita yang berkaitan dengan dunia sosial anak-anak akan  memenuhi kebutuhan  anak-anak sesuai dengan perkembangan kognitif, kepentingan dan ketertarikan mereka terhadap dunia di luar diri dan lingkungan anak-anak. Dapat dinyatakan bahwa seni (ilustrasi-gambar), teks cerita, psikologi perkembangan dan ketertarikan anak adalah tiga aspek penting yang harus diolahu untuk menuliskan cerita bergambar. (3/28)

LINK TERKAIT