Dorong Kepala Sekolah dan Guru untuk terapkan Pembelajaran Diferensiasi melalui Contextual and Critical Learning

Disdikbud

Rapat

Di era society 5.0, pendidikan kita dihadapkan pada tantangan dan peluang baru yang memerlukan pendekatan inovatif dan kreatif dalam proses pembelajaran.

Kepala Sekolah memiliki peran sangat penting dalam mendorong iklim inovasi di lingkungan sekolah. dalam konteks ini, pembelajaran kontekstual (contextual learning) dan pemikiran kritis (critical thinking) menjadi dasar yang kuat untuk menciptakan generasi penerus yang siap menghadapi berbagai tantangan. pendekatan project-based learning (p5) dan pembelajaran diferensiasi dapat membantu kita memenuhi kebutuhan belajar yang beragam dan memberikan pengalaman pendidikan yang bermakna bagi siswa.

Dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo bersama Mitra Pendidikan mengadakan kegiatan pelatihan school leadership gathering dengan tema "peran kepala sekolah untuk mendorong iklim inovasi melalui pendekatan contextual learning dan critical thinking berbasis p5 dan pembelajaran diferensiasi dalam society 5.0" bertujuan agar kepala sekolah dapat saling berbagi pengalaman, ide, dan praktik terbaik dalam mengimplementasikan pendekatan pembelajaran inovatif. 

Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif serta dapat membangun sekolah-sekolah yang tidak hanya unggul dalam prestasi akademik, tetapi juga mampu mengembangkan karakter, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis siswa.(4/22)

LINK TERKAIT